Halaman

search here

Selasa, 23 Agustus 2011

Keppres Van Dijk Cs Belum Juga Turun

Proses naturalisasi enam pemain belum terang kapan rampung. Hingga saat ini Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan kepada mereka belum juga turun.

Demikian, empat pemain keturunan asal belanda Tonnie Cussel, Stefano Lilipaly, John van Beukering, Sergio van Dijk, serta dua pemain Nigeria di kompetisi Indonesia Super League, Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo belum bisa dipanggil untuk mengisi atau menjalani seleksi skuad Merah-Putih.

Sebelumnya, PSSI memutuskan tidak akan lagi menjemput bola menaturalisasi pemain. Federasi pimpinan Djohar Arifin Husin ini menilai program naturalisasi harus dihentikan agar fokus kepada pembinaan.

Enam nama yang sebelumnya diproses oleh PSSI era Nurdin Halid tersebut merupakan yang terakhir menjalani proses perpindahan kewarganegaraan. Namun, Djohar mengatakan jika proses naturalisasi, yang diperkirakan selesai sebelum Lebaran ini rampung, para pemain itu tidak akan otomatis mengisi skuad Merah-Putih, karena tergantung kebutuhan pelatih. Selain itu PSSI juga tidak menjanjikan kompensasi khusus terhadap mereka.

Mantan Deputi Bidang Teknik Badan Tim Nasional, Iman Arif yang menjadi motor proyek ini, menegaskan Keppres naturalisasi mereka belum turun. Namun sebelumnya, dia berjanji akan menyelesaikan proses tersebut sebagai tanggung jawab moral kepada pemain dan lembaga negara yang terkait dalam proses ini, seperti DPR dan Presiden. Sekadar diketahui surat permohonan pertimbangan kewarganegaraan enam pemain ini, dari presiden ke DPR, sudah dikeluarkan pada 5 Juli lalu.

Hingga kini, Indonesia sudah memiliki empat pemain naturalisasi, yaitu Kim Jefrey Kurniawan, Cristian Gonzales, Ruben Wuarbanaran dan Diego Michiels. Satu pemain lain yaitu Joey Suk sebenarnya juga sudah rampung prosesnya, namun pemain yang diajukan Kemenpora satu berkas dengan Ruben dan Michiels ini belum juga mengambil sumpah sebagai WNI. Menurut Iman, Joey Suk direncanakan datang ke Jakarta sebelum Lebaran. “Joey Suk datang sebelum lebaran,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Van Dijk tak sabar


Sergio van Dijk mungkin salah satu pemain yang paling antusias membela Garuda. Melalui Twitter, pemain Adelaide United ini mengaku tidak sabar segera berjersey Merah-Putih.

Top Skor Liga Australia musim lalu ini mengaku selalu menyaksikan laga Firman Utina dkk dari siaran streaming internet, saat timnas menghadapi Turkmenistan, akhir Juli lalu dan Palestina Senin kemarin.

“Oooh, saya tidak sabar bermain untuk Timnas, saat melihat mereka bertanding,” kicau Van Dijk.

Di kesempatan sebelumnya, Van Dijk menyampaikan harapan agar proses naturalisasinya segera selesai. “Tidak sabar bermain untuk Timnas, saya optimistis itu segera terwujud.Yang penting semuanya tetap berpikir positif,” harap pemain kelahiran 1982 yang terkesan dengan suporter Indonesia ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar